Apa Perbedaan Haji Dan Umroh Jelaskan Dalam Tabel Singkat βœ…

 49 total views

Jelaskan Perbedaan Haji Dan Umroh

Ok Google Apa Perbedaan Haji dan Umroh ? Jelaskan Antara Keduanya Secara Singkat Beserta Dalilnya !

perbedaan-haji-dan-umroh-tabel

Tabel Perbedaan Haji Dan Umroh

Faktor Haji Umroh
Waktu 08 – 12 Dzulhijjah Kapan Saja Selama Musim Umroh
Niat Niat Haji Niat Umroh
Rukun Ihram, Wukuf, Tawaf, Sai, Tahalul, Tertib Ihram, Tawaf, Sai, Tahalul, Tertib
Hukum Wajib Bagi Yang Mampu Sunnah Muakkadah
Lokasi Masjidil Haram, Arafah, Muzdalifah, Minah Masjidil Haram
Durasi 04 – 05 Hari 2 – 3 Jam
Biaya Haji Reguler 35 Jutaan
Haji+ Kuota Depag 170 Jutaan
Haji+ Furoda 200 – 250 Jutaan
Umroh 20 – 35 Jutaan
Masa Tunggu Haji Reguler Puluhan Tahun
Haji+ Kuota Kemenag 5 – 8 Tahun
Haji+ Furoda 1 Tahun
Tidak Ada
Kuota -+ 200.000 Orang / Tahun Tidak Ada

Di bawah ini keterangan ringkas tentang Ketidaksamaan Apa Perbedaan Haji dan Umroh yang dapat Anda baca.

  • Ketidaksamaan Haji Serta Umroh Dari Sisi Waktu

Ketidaksamaan yang pertama ialah dari waktunya jika beribadah haji tidak dapat dikerjakan di sembarangan waktu atau hari. Waktunya dilaksanakan di bulan Dzulihijjah dari tanggal 08 – 12 Dzulihijjah.

Serta untuk menyiapkan Musim Haji ini pemerintah Saudi biasa tutup jalan penerbangan umroh yang diawali pada bulan Syawal, hingga jamaah di luar Saudi tidak dapat masuk serta melakukan umroh ke Tanah Suci.

Musim Umroh Dari mulai Bulan Safar usai di bulan Syawal, Musim Haji dimluai dari mulai bulan Syawal, Waktu Realisasinya dari tanggal 08 – 12 Dzulhijjah.

  • Ketidaksamaan Haji Serta Umroh Dari Sisi Niat

Ketidaksamaan yang ke-2 ialah Niat, tentunya dalam lakukan segala hal dimulai denga niat, sebab niat ini mententukan apakah yang akan dilaksanakan.

Untuk Contoh saat Anda akan lakukan sholat Dzuhur, tapi Anda punya niat dalam hati adalah sholat Ashar, telah pasti beribadah yang dilaksanakan tidak sah sebab tidak sesuai di antara niat serta pekerjaan yang dilakukan dalam hal ini ialah pekerjaan melaksanakan ibadah.

Begitu juga sama seperti dengan kerjakan beribadah haji serta beribadah umroh, ketidaksamaan niat ialah aspek terpenting yang tentukan resmi atau tidaknya dalam melaksanakan ibadah.

  • Ketidaksamaan Haji Serta Umroh Dari Sisi Rukun

Ketidaksamaan yang ke-3 ialah rukun, dengan singkat beribadah umroh serta haji adalah beribadah yang cuman dapat dikerjakan serta dilaksanakan di Makkah saja yaitu di Masjidil Haram.

Rukun haji lebih banyak dibanding rukun umroh, sebab ibadha haji dalam realisasinya harus wuquf di Arafah. Bila beribadah umroh rukunya cuman : Niat, Ihram, Tawaf, Sa’i serta Tahalul, tapi rukun beribadah haji ada penambahan wukuf di Arafah, bermalam di Mina serta Muzdalifah serta melempar Jumrah.

  • Ketidaksamaan Haji Serta Umroh Dari Sisi Hukum

Ketidaksamaan yang ke-4 ialah dari sisi hukum, hukum menjalankan beribadah haji ialah Wajib. Hukum Wajib di sini ialah buat mereka yang mamp u untuk melakukannya. Mamp u dalam pengertian ia mampuu untuk membayar dirisendiri serta keluarga yang ditinggalkan, mempu berjalan tidak sedang sakit situasi fisik masih sempurna, dapat metinggalkan kepentingan kerja serta pekerjaan yang lain yang perlu ditinggalkan selama waktu pergi haji.

Sedang umroh hukumnya ialah Sunnah Muakadah, yaitu sunnah yang paling disarankan buat tiap orang, bila memang dapat peluang untuk pergi umroh berangkatlah umroh, sama dengan perihal orang dapat beli motor, mobil serta rumah karena itu luangkan serta sisihkanlah uang untuk pergi melakukan umroh.

  • Ketidaksamaan Dari Sisi Tempat

Ketidaksamaan yang ke-5 ialah dari tempat, beribadah haji serta umroh ialah beribadah yang keduanya sama dilaksanakan di kota Makkah, bila beribadah umroh cuman dilaksanakan di masjidil Haram saja, karena itu beribadah haji harus ke Arafah, serta bermalam di Mina serta Muzdalifah. Untuk tempat miqotnya sendiri, jamaah dari Indonesia umumnya miqot di pesaawat waktu melewat wilayah Yalamlam atau dibandara Jeddah. Serta buat jamaah yang pergi dari Madinah miqptnya di Bir Ali.

  • Ketidaksamaan Dari Sisi Waktu

Ketidaksamaan yang ke enam ialah dari waktu pengerajaan, beribadah haji pengerjaannya dapat sampai 4 sampai 5 hari, sedang umroh hanya sebentar yaitu cuman 2 – 3 jam saja.

  • Ketidaksamaan Dari Sisi Ongkos

Ketidaksamaan yang ke-7 ialah dari sisi ongkos, kita ketahuii dari sisi ongkos beribadah haji ongkosnya lebih tinggi dibanding dengan umroh, ini karena program beribadah haji durasi program prjalanannya lebih lama dibanding umroh, lamanya program haji dapat 20 sampai 30 hari sedang umroh rerata perjalannya cuman 9 hari sampai 12 hari.

Selain unsur lamanya program perjalanan, mengapa ongkos haji semakin tinggi sebab ongkos operasional untuk haji memang bertambah dibanding umroh baik itu dari harga visanya, biaya pesawat, hotel serta fasilitas perjalanan yang lain.

  • Ongkos Haji Reguler sekitar dari 35 juta-an rupiah
  • Ongkos Haji Plus Paket Kemenag sekitar dari 170 juta-an rupaih
  • Ongkos Haji Plus Furoda sekitar 200 – 250 juta-an rupiah

Itulah perbedaan dari ketiga jenis biaya haji

  • Ketidaksamaan Dari Waktu Tunggu

Ketidaksamaan yang ke-8 ialah dari waktu tunggu, telah kita kenali bersama-sama jika beribadah haji ini satu beribadah yang relatif susah untuk dilaksanakan. Susah ini dalam pengertian sebab waktu tunggunya yang dapat dari belasan sampai beberapa puluh tahun. Untuk wilayah Jakarta sendiri bila ada yang daftar pada tahun 2020 peluang berangkatnya ialah 2036, serta angka waktu tunggu umumnya makin bertambah tiap tahun.

  • Ketidaksamaan Dari Sisi Kuota

Ketidaksamaan yang ke-9 ialah dari sisi kuota, beribadah haji serta umroh tidak sama dalam pengerjaannya. Yang mengakibatkan ada limitasi kuota pada jamaah haji ialah sebab beribadah haji tidak dapat dilaksanakan dilain waktu serta tempat, hingga kemampuan dari Masjidil Haram serta Arafah terbatas. Dapat dipikirkan bila tidak ada limitasi kuuota karena itu Arafah tidak cukup memuat juta-an orang dari penjuru dunia dalam tempo yang bertepatan.

Tidak sama perihal denga umroh tidak ada ketentuan pemabatasan kuota, sebab waktu serta realisasinya lebih longgar dibanding dengan beribadah haji.

Akhir Kata

Itu artikel tentang Apa Perbedaan Haji dan Umroh, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin Yaa Rabbal β€˜Aalamiin.

Akhir kata Billahitaufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Warahamatullahi Wabarakatuh …

Baca Juga : Travel Umroh Terbaik Jakarta Timur

Share
error: Content is protected !!